Penerapan sistem demokrasi di indonesia


Dimana sistem yang diterapkan Indonesia kekinian ini masih mengalami dilema. "Apakah demokrasi mobilisasi yang kita adopsi atau ada pemahaman lain dalam sistem demokrasi saat ini," ucapnya.

Jakarta, Aktual.co —  Dalam sistem demokrasi saat ini setidaknya ada lima isu yang menjadi perhatian dunia. Pertama tentang hak asasi manusia (HAM) yang dinilai sering kali dalam memaknainya keluar dari norma-norma yang ada.

"Saya rasa seluruh dunia sudah berbicara tentang hak asasi manusia, bahkan sering kebablasan, tidak sedikit membicarakan human right itu kebablasan. Yang bisa menabrak norma-norma yang diyakini begitu penting, itu pun karena human right yang dilabrak," ujar kepala BNP2TKI, Jumhur Hidayat dalam acara seminar nasional BEM Se Indonesia, di Cibubur, Senin (4/3).

Selanjutnya, sambung Jumhur, soal sistem demokrasi yang diterapkan oleh hampir semua negara di dunia. Meski Indonesia sudah menjalankan 15 tahun lalu, dalam sistem demokrasi akan tersisih bila suatu negara tidak mengadopsinya. Dimana sistem yang diterapkan Indonesia kekinian ini masih mengalami dilema.

"Apakah demokrasi mobilisasi yang kita adopsi atau ada pemahaman lain dalam sistem demokrasi saat ini," ucapnya.

Isu ketiga, kata Jumhur, yakni tentang human development atau pembangunan manusia. Terkait dengan persoalan kemiskinan, kekurangan gizi, yang menjadi isu penting.  "Meski dunia tetap tumbuh tetapi kesenjangan tetap bertambah, termasuk di Indonesia dimana pertumbuhan ekonomi cukup tinggi 6,3 persen, kemudian kesenjangan meningkat dari 0,33 menjadi 0,41 persen 2012," jelas dia.

Kemudian isu keempat mengenai lingkungan. Ini adalah satu fenomena yang berkembang dan terus berkembang jumlahnya, sehingga batas antar negara seolah-olah semakin menghilang.

"Imigrasi manusia ini tanpa manage yang benar, tanpa intervensi dari negara yang cukup baik, maka mustahil tidak berdekatan dengan perdagangan manusia."

Dan terakhir, imbuh dia, terkait dengan isu penyelundupan manusia yang menjadi penting. "Dunia sedang membicarakan bagaimana menajemen imigrasi manusia, yang saat ini jumlahnya sudah 250 juta orang, 3-4 persen penduduk di dunia adalah imigrasi, yang kencederungannya akan meningkat terus," pungkasnya.

Analisis dari berita di atas adalah Penerapan Demokrasi di Indonesia Masih "Galau"
Dimana sistem yang diterapkan Indonesia kekinian ini masih mengalami dilema. Meski Indonesia sudah menjalankan sistem demokrasi 15 tahun lalu, dalam sistem demokrasi akan tersisih bila suatu negara tidak mengadopsinya. Dimana sistem yang diterapkan Indonesia kekinian ini masih mengalami dilema.




Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Penerapan sistem demokrasi di indonesia ini dipublish oleh Unknown pada hari Minggu, 29 Maret 2015. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Penerapan sistem demokrasi di indonesia
 

0 komentar:

Posting Komentar